Follow Us Now

@bridgeunpad

Selasa, 22 Mei 2012

MINI BRIDGE


MINI BRIDGE
Dalam bermain Mini Bridge memberikan kemudahan dalam bermain bridge karena Anda dapat mulai bermain bridge langsung tanpa harus mengetahui peraturan penawaran (Bidding). Semua yang dapat dipelajari dalam mini bridge adalah sama dengan permainan bridge sebenarnya seperti: menghitung point dari kartu yang dipegang(HCP) , bagaimana memperoleh trik yang banyak,kontrak tingkat game dan partscore,scoring, dll.

HOW TO PLAY MINIBRIDGE
1. Kartu dibagikan kepada empat pemain, dalam dua partnership yang saling duduk berhadap-hadapan – 13 kartu masing2 pemain.

2. Setiap pemian menghitung kekuatan kartu pegangan menggunakan scala High Card Point (HCP). Ace = 4, King = 3, Queen = 2, Jack = 1.

3. Setiap pemain mengumumkan points pegangan kartunya, dimulai dari pembagi kartu dan berputar searah jarum jam. Total point dari semua pemain harus 40 HCP.

4. Pasangan dengan jumlah point yang paling banyak yang menjadi pihak pembuat kontrak (Declarer) dan pasangan lainnya menjadi pihak yang menggagalkan kontrak (defender). Jika kedua pasangan memiliki jumlah point 20, kartu harus dikocok dan dibagikan ulang. Dipihak declarer, salah satu pemain akan menjadi declarer (pembuat kontrak) dan pemian satunya lagi kartunya akan dibuka diatas neja dan tidak ikut dalam permainan (dummy player).yang menjadi pembuat kontrak (declarer) adalah yang memiliki HCP paling tinggi, dan pasangannya menjadi dummy. Jika kedua pemain memiliki HCP yang sama maka yang menjadi declarer adalah yang lebih dulu mengumumkan HCP nya.

5. Pegangan kartu pemain dummy dibuka diatas meja untuk dilihat oleh setiap pemain dan declarer akan memilih kontrak. Dia yang memutuskan apakah bermain ditingkat ‘partscore’ atau ‘game’ dan memilih no trump atau menjagokan salah satu suits. Tingkat keberhasilan untuk tingkat partscore adalah 7 trik dan tingkat keberhasilan untuk tingkat ‘game’ adalah 9 trik untuk No Trump, 10 trik jika menjagokan Heart atau Spade dan 11 trik jika menjagokan kartu Diamond atau Club.

6. Pemain yang pertama memainkan kartu pembukaan (Lead Card) adalah pemain yang berada disebelah kiri declarer. Lalu permainan dimulai searah jarum jam dan siapa yang dapat mengalah kartu tertinggi dialah pemenang trik-nya. jika ada kartu trump dapat mengalahkan kartu suits lainnya. Jika salah satu dari pemain defence yang memenangkan trik, maka trik dihitung sebagai trik kemenangan pihaknya.

7. Kartu yang telah dimainkan ditutup dan pemain pemenang trik yang akan memulai permainan untuk trik berikutnya.

8. Declarer memainkan kartu pegangan dummy dan jika pemenang trik nya kartu dari dummy, kartu pertama untuk trik berikutnya harus dari dummy (tetapi declarer yang memutuskan kartu yang mana yang dimainkan)

9. setelah semua kartu selesai dimainkan, semua pemain harus menyetujui jumlah trik yang dimenangkan oleh masing2 pihak dan melakukan perhitungan score, apakah kontrak berhasil atau gagal. Jika berhasil nilai untuk pihak declarer dan jika gagal nilai untuk pihak defender.

10. posisi pembagi kartu bergiliran searah jarum jam.


Source: Learning Bridge Booklet

0 komentar:

Posting Komentar